Tetap Produktif, DEMA FEBI IAIN Madura Gelar Kajian Virtual Tingkat Nasional

Serius : Ubaidillah selaku Pemateri Saat menyampaikan kajian

IAIN madura, LPM Activita- Di masa pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) yang dilarang mengumpulkan banyak massa, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura gelar Dialog Virtual Nasional melalui aplikasi Zoom, Senin (18/05/2020).

Kegiatan ini dikonsep dengan kegiatan Dialog Virtual Nasional yang dipimpin oleh Ahmad Zainuri sebagai moderator. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga sesion dengan tiga tema dan pemateri yang berbeda.

Sesion pertama dilaksanakan pada Sabtu (16/05/2020) pukul 20:00 WIB – selesai, dengan pemateri Ashif Jauhar Winarto selaku Presidium Nasional Formas Mebi Pusat yang menyajikan materi bertema “Menyoal Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Antara Harapan dan Penderitaan)”.

Sedangkan sesion yang kedua dilaksanakan pada Minggu, (17/05/2020) pukul 20:00 – selesai, dengan pemateri Ubaidillah selaku Presiden Mahasiswa (Presma) IAIN Madura dan Tim Kajian Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kuliah Daring DEMA PTKIN Se-Indonesia yang menyajikan materi bertema “Polemik UKT dan Kuliah Daring”.

Terakhir yaitu hari Senin, (18/05/2020) pukul 20:00 – selesai, dengan pemateri Ongky Fahrurrozie selaku Kordintor pusat DEMA PTKIN Se-Indonesia yang menyajikan materi bertema “Kondisi Politik Ekonomi Indonesia di Tengah Ancaman Bencana Nasional Covid-19”.

Antusias mahasiswa dalam mengikuti kajian ini dapat diketahui dari jumlah pengikut dalam dialog virtual tersebut, yaitu sekitar 20-30 mahasiswa dari berbagai kampus, seperti IAIN Jember, IAIN Bukit Tinggi, IAIN Bone,  dari Lamongan, Mojekorto, Sidoarjo, dan juga dari beberapa kampus-kampus lainnya.

Dialog Virtual Nasional ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mengisi kekosongan kegiatan DEMA FEBI yang dirancang atas inisiatif Ahmad Zainuri selaku Gubernur DEMA FEBI. “Karena kegiatan secara langsung tidak diperbolehkan, jadi saya pribadi mempunyai inisiatif supaya mahasiswa tetap produktif walaupun dalam keadaan seperti ini,” ungkapnya.

Ahmad Zainuri berharap, mahasiswa yang sudah mengikuti beberapa dialog virtual ini supaya bisa mengaplikasikan solusi yang telah didapat dari kegiatan tersebut. “Saya berharap teman-teman bisa mengaplikasikan dan memiliki pemahaman, pengertian yang mendalam mengenai adanya Covid19, serta mampu menemukan solusi terkait dengan tema dalam kajian ini,  sehingga mereka tidak terpaku pada keadaan," harap mahasiswa semester 8 tersebut.

Kegiatan ini mendapat tanggapan dari salah satu peserta kajian.  Ia mengatakan, kajian yang diadakan sangat bagus, karena berlangsung sampai 3 malam berturut-turut. “Saya  sangat senang sekali karena DEMA FEBI ini memberikan wadah kepada teman-teman untuk tetap produktif. Cukup luar biasa, sebab secara 3 tahap membahas tema yang cukup fenomenal,” tuturnya ketika diwawancarai via Whatsapp.

Selaras dengan itu, Ashif Jauhar Winarto sebagai pemateri pada hari pertama juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap kegiatan Dialog Virtual Nasional ini. “DEMA FEBI IAIN Madura cukup progresif, karena bisa memberikan wejangan yang cukup wow melalui ide-ide baru dengan mengadakan kegiatan seperti ini, apalagi secara bertahap,” ungkapnya.

Diketahui, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan DEMA FEBI IAIN madura selama masa pandemi Covid-19 seperti ngaji millenial, takbir akbar di malam puncak, dan istighasah akbar, semua itu dilakukan secara virtual. (Ori)

0 Response to "Tetap Produktif, DEMA FEBI IAIN Madura Gelar Kajian Virtual Tingkat Nasional"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel