Tingkatkan Manfaat Produk Lokal, KPM Posko 113 Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kompak : Prosesi pelatihan saat berlangsung
Activita, IAIN Madura - Guna meningkatkan manfaat produk lokal, mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) posko 113 IAIN Madura sukses menggelar Pelatihan Kewirausahaan di Desa Pangorayan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Rabu (24/07/19).

Pelatihan yang mengangkat tema "Pemanfaatan Lele dalam Mewujudkan Desa Pangorayan yang Kreatif dan Mandiri dalam Peningkatan  Ekonomi" ini diikuti mahasiswa KPM posko 113, kelompok muslimat Desa Pangarayan, ibu-ibu PKK dan masyarakat setempat.

Nurul Anwar (HES/7) selaku koordinator desa (Kordes) KPM membeberkan, diadakannya acara ini untuk meningkatkan pemanfaatan ikan lele bagi masyarakat Pangorayan. "Harapan kami dengan diadakannya program ini mampu meningkatkan kemandirian serta bisa lebih memanfaatkan sumber daya alam yang ada." Ujarnya.

Senada dengan Nurul Anwar, Ulfatul Muslimah (PBA/7) mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat Pangorayan mampu meningkatkan kemandirian ekonomi dan bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan produk lokal. "Artinya lele yang merupakan produk lokal yang ada di Desa Pangorayan tidak hanya dijadikan menu lalapan di cafe-cafe dan warung pinggiran. Tetapi bisa disulap menjadi banyak menu, seperti kegiatan pada pagi ini, yakni membuat nuget lele, kulit lele yang dibuat usus  dan sate lilit." Ungkap gadis berkaca mata itu.

Sementara itu, acara ini mendapatkan tanggapan positif dari salah satu warga setempat. Romli  menuturkan, kegiatan ini sangat menarik karena baru pertama kali diadakan di Desa Pangorayan. Menurutnya, kegitan ini cukup  memotivasi bagi warga untuk mengolah lele dengan berbagai menu. "Kegiatan ini juga sangat cocok dilaksanakan didesa pangorayan karena mayoritas masyarakat disini membudidayakn lele." Ungkap salah satu kepala sekolah MI tersebut. (Sin)

0 Response to "Tingkatkan Manfaat Produk Lokal, KPM Posko 113 Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel