Posko 131 Galakkan Penanaman 1.500 Mangrove

Kompak : Peserta saat menanam 
IAIN Madura, Activita- Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) posko 131 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura lakukan penanaman pohon mangrove di bibir pantai pesisir Desa Pakandangan Sangra, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep. Selasa, (30/07/19)

Kegiatan Penanaman mangrove bekerja sama dengan organisasi Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM) dan kelompok masyarakat Desa Pakandangan Sangra.

Sujahra selaku ketua kelompok tani ”Bina Bakti“ mengungkapkan, tahun 2016 Desa Pakandangan Sangra pernah mendapat bantuan bibit pohon maangrove dari dinas kehutahan. "Kami juga sempat menanam pohon mangrove bersama dinas kehutanan, tapi ombak besar menghantam tanaman tersebut, sehingga hanya sedikit saja," jelasnya.

Mujiburrahman (PAI/7) Kordinator Desa (Kordes) posko 131 mengatakan, inisiatif untuk menanam pohon mangrove bersama masyarakat, karena abrasi pantainya sangat besar. "Melihat kondisi tersebut kami mencoba melakukan reboisasi bersama teman-teman dan masyarakat sekaligus bekerja sama dengan KPMM untuk menanam pohon mangrove," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, penanaman pohon mangrove merupakan bagian dari pengabdian posko 131 kepada masyarakat Desa Pakandangan Sangra dengan cara mengurangi abrasi di daerah pantai. “Untuk bibitnya kami mengambil jenis propagul yang sudah jatuh dari pohonnya dan sebagian kami mengambil buah yang masih ada di pohonnya di daerah aing panas dan talang siring, sekitar 1500 bibit” ujar mahasiswa semester 7 tersebut.

Kordes berharap, penanaman mangrove dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat pesisir pantai. “Semoga dengan adanya penanaman ini dibarapkan sedikit menahan laju abrasi”. Tandasnya. (Tri)

0 Response to "Posko 131 Galakkan Penanaman 1.500 Mangrove "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel