Posko 117 Gelar Pendampingan Pembuatan Vertikal Garden

Antusias: Peserta dan warga saat pendampingan


IAIN Madura, Activita - Dalam masa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), posko 117 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura lakukan pendampingan pemanfaatan botol bekas dalam pembuatan vertikal garden kepada masyarakat di Desa Buddagan, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan. Kamis (25/07/19).

Acara ini bekerjasama dengan dinas tanaman pangan, holtilurtura, dan perkebunan serta diikuti  oleh anggota dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Buddagan.

Zainal Arifin (PAI/7) selaku Kordinator Desa (Kordes) posko 117 mengungkapkan, vertikal garden salah satu program yang cocok untuk Desa Buddagan, karena ketika survei lokasi banyak limbah botol yang berserakan. "Banyaknya limbah botol membuat kami berinisiatif untuk memanfaatkan botol bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menyehatkan, seperti membuat vertikal garden ini," jelasnya.

Selaras dengan itu, Layli Indah Nur Safitri (TBI/7) menuturkan, vertikal garden merupakan style penyusunan dan menghias taman. "Adanya vertikal garden ini juga dapat mengurangi panas bumi, sumber oksigen, dan menunjang keindahan serta kesegaran lingkungan," ungkapnya.

Adanya vertikal garden di Desa Buddagan diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik di desa tersebut. "Semoga vertikal garden yang kami bangun di balai ini dapat menjadi inspirasi, menarik minat warga yang lain untuk membangunnya dirumah masing-masing," harap mahasiswi Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBI) tersebut.

Kegiatan ini mendapat apresiasi langsung dari ibu PKK Desa Buddagan. Suaibah selaku ketua PKK Desa Buddagan mengatakan, pembuatan vertikal menjadi kegiatan yang positif untuk masyarakat buddagan, karena dapat membantu masyarakat dalam melestarikan dan memberdayakan taman. "Semoga pemberdayaan ini bisa berkelanjutan, sehingga dapat bermanfaat bagi anggota PKK dan masyarakat sebagai pengolahan yang dpat menghasilkan uang, seperti penjualan hasil dari sawi yang sudah di tanam tadi," harapnya. (Tri/mal)

1 Response to "Posko 117 Gelar Pendampingan Pembuatan Vertikal Garden "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel