Harlah ke-4, HIMA IQT Adakan Festival Al-Qur'an se-Madura

IAIN Madura -  Dalam rangka memperingati Anniversary yang ke-4 Himpunan Mahasiswa  (HIMA) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura mengadakan Festival Al-Quran Se-madura  dengan tema “Musabaqah Sarkhil Quran dan Hifdzil Quran 5 Juz serta Juz 30 ” yang dilaksanakan di Auditorium dan Multi Center Lantai dua Pada Selasa (23/04/19).

Terlihat Acara yang dimulai pada pukul 10:00 WIB tersebut yang dihadiri langsung oleh Qosim rektor IAIN Madura, Umar Bukhari ketua DEKAN, Jamaluddin abdul Nasir selaku ketua KA-PRODI IQT, Qusyairi dan Alif selaku juri Hifdzil Quran 5 juz, Fauzi dan Tri Surbakti selaku juri Hifdzil Quran juz 30, Rofi'ud Darojat dan Wahyudi Afandi selaku juri musabaqah Syahril qur'an dan 91 peserta dari Hifdzil Quran juz 30, 87 peserta dari Hifdzil Quran 5 juz serta 8 tim dari Syarkhil Quran.

Saudi Arabia selaku ketua HIMA IQT mengungkapkan bahwa, acara ini merupakan ajang perlombaan se-Madura, "Dalam acara ini ada tiga perlombaan,  pertama Syarkhil Quran dimana dalam perlombaan ini ada tiga orang dalam satu tim yang masing-masing ada yang membacakan ayatnya, mengartikan dan menjelaskan maksud dari ayat tersebut, kedua yaitu Hifdzil Quran 5 Juz dan ketiga Hifdzil Quran Juz 30 dimana dalam perlombaan ini penghafal akan dibacakan satu ayat oleh juri kemudian akan dilanjutkan oleh peseta," unkapnya.

Selain itu, Ia juga menambahkan, acara tersebut sebagai ajang silaturrahmi. "tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara hafidz dan hafidzah dan mengeksistensi Al-Quran khususnya di Madura," imbuhnya.

Sementara itu, Muhammad Amjad selaku ketua panitia dari acara tersebut berharap agar generasi hafidz Al-Quran yang ada di Madura dengan adanya lomba ini lebih antosias dan lebih berkembang, "Dari adanya lomba ini para peserta diharapkan mampu menjadi hafidz Al-Quran yang sampai 30 juz bahkan mampu memahami semua isi yang ada didalamnya," harapnya.

Muhammad Sa'id selaku pendamping dari PP. Nurul Islam Semar memberikan respons positif terhadap acara yang telah diselenggarakan, "Acara ini sangat menarik sekali karena lomba yang di adakan bervariasi dan saya rasa lomba ini sudah pas dan tepat sasaran gitu," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Ia juga mengungkapkan bahwa, "Pada lomba hafidz Al-Quran yang lima juz  kami mendelegasikan lima orang serta tiga orang dari hafidz Al-Quran juz 30," Imbuh Sa'id kepada wartawan Activita. (MFD)

0 Response to "Harlah ke-4, HIMA IQT Adakan Festival Al-Qur'an se-Madura"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel