Iqmal_Design
Iqmal_Design
Iqmal_Design

Kukuhkan cinta NKRI dan islam Moderat, IAIN Madura Gelar Seminar Kebangsaan

khidmat peserta seminar kebanggsaan mendengarkan materi yang disampaikan oleh  Ruchman.
IAIN Madura - Guna meningkatakan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan islam moderat di kalangan kampus, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar seminar kebangsaan dengan tema "Penguasaan wawasan kebangsaan dan Islam Moderat pada Mahasiswa IAIN Madura" yang dilaksanakan di gedung Auditorium IAIN Madura, Rabu (06/03/2019).

Terlihat, acara yang dimulai jam 7:30 WIB tersebut, dihadiri langsung oleh Mohammad Qosim Rektor, Nur Hasan Wakil Rektor ( Wareg) 1, Mohammad Hasan Wareg 3, Dekan masing-masing Fakultas  Dan 500 Mahasiswa.

Seminar yang digagas oleh divisi kemahasiswaan tersebut, diisi langsung oleh Bapak Ruchman Basori (Seksi Ketua Kementerian Agama RI, Kasi Kemahasiswaan Subdiktorat Sarana, Prasarana, dan Kemahasiswaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam) dan dipimpin langsung oleh M.Faridie M,Pd (Dosen IAIN Madura)

Dalam sambutannya Mohammad Kosim rektor IAIN Madura mengatakan, sangat penting bagi mahasiswa punya wawasan kebangsaan ditengah masuknya berbagai aliran  ke-agamaan yang masuk ke Indonesia.

"Karena di era keterbukaan seperti sekarang ini berbagai aliran masuk ke Indonesia baik yang liberal dan radikal," ujarnya.

Sementara itu, pemateri Ruchman menuturkan, munculnya kelompok-kelompok yang menyatakan islam lebih penting dari pada Indonesia harus ditepis bahkan tidak boleh diikuti. Menurutnya, agama Islam dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sama pentingnya untuk dijaga bersama.

"Jika itu dibiarkan maka konflik timur tengah akan pindah ke indonesia. Seperti Mesir, Arab Saudi, dan Afganistan hancur karena mereka memilih islam lebih penting dari pada negaranya," jelasnya.

Selain itu, ia juga meminta mahasiswa IAIN Madura mencintai tanah air Indonesia menghormati pancasila, mematuhi Undang-Undang Dasar dan menjaga keutuhan NKRI.

"Perlu diketahui, Indonesia didirikan oleh beberapa agama, bukan muslim saja maka hal itulah para ulama kita menggagas negara kebangsaan ," Tegasnya. (Kholisin)

0 Response to "Kukuhkan cinta NKRI dan islam Moderat, IAIN Madura Gelar Seminar Kebangsaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel