Mengenang Jasa Pahlawan, Mahasiswa Tadris IPS Melakukan Ziarah ke Makam Pahlawan

Dihari pahlawan, Himpunana mahasiswa Tadris Ilmu pengetahuan Sosial lakukan ziarah makam pahlawan.
Dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional, Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (Prodi TIPS) melakukan ziarah ke makam pahlawan,  Panglegur Pamekasan. Sabtu, (10/11).

Ziarah makam pahlawan merupakan kegiatan  rutin Himpunan Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (HIMA TIPS). Hingga saat ini, program tersebut sudah memasuki tahun ke-3 dan mungkin akan dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

Berlangsungnya acara ziarah makam pahlawan bisa dikatakan cukup sukses dan khidmat. Pasalnya, acara yang dikemas dengan baik oleh panitia, cukup membuat mahasiswa yang hadir larut dalam setiap rentetan acara tersebut.

Wiwik Andawiyah, mahasiswi Tadris IPS semester 3 menanggapi, bahwa acara ini sangat bermanfaat, karena bisa mendoakan pahlawan yang telah berjuang untuk negeri ini dan mengenang jasa para pahlawan, "Walaupun banyak yang tidak hadir, tapi acaranya cukup lancar," jelasnya.

Meskipun banyak mahasiswa yang masuk pada jam yang sama. Namun, hal ini tidak mengurangi antusias mahasiswa untuk menghadiri acara tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang tetap menghadiri acara setelah jam kuliah.

Baitur Rahman selaku ketua umum Hima Tadris IPS memaparkan, kehadiran mahasiswa IPS sangat luar biasa, walaupun tidak bisa dijadikan persentase jumlah mahasiswa IPS seluruhnya, karena memang ada kendala tersendiri dari mahasiswa IPS, "Saya sangat mengapresiasi partisipasi teman-teman dalam menghadiri acara ini," jelasnya.

Tujuan acara ini berusaha membangkitkan kesadaran mahasiswa IPS terhadap perjuangan pahlawan serta berupaya mentransfer energi kepahlawanan pada diri mahasiswa. Sehingga, mahasiswa mampu melanjutkan perjuangan pahlawan, meskipun dalam bentuk yang berbeda. Artinya, tidak dalam bentuk perlawanan, tetapi dalam bentuk mengembangkan kompetensi, kemampuan, idealisme, ataupun yang lainnya. "Kita juga mendoakan mereka, semoga diampuni dosanya dan dicatat sebagai orang yang mati syahid," tambah baitur.

Senada dengan itu, salah satu senior HIMA TIPS, Mohammad Faiq menanggapi, bahwa acara ini tidak lain bertujuan untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang diampuni dosanya oleh Allah SWT. dan mendapat syafaat Rasulullah SAW,  "Acara ini juga menambah semangat religi dalam diri mahasiswa," ungkapnya.

Dia juga memberi apresiasi karena acara yang telah terprogram sebelumnya tetap dilanjutkan oleh kepengurusan HIMA yang sekarang dan diharapkan juga dilakukan oleh kepengurusan di tahun-tahun berikutnya, "Acara ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa TIPS, tapi seluruh mahasiswa IAIN Madura," harapnya. (Paper, k6).

0 Response to "Mengenang Jasa Pahlawan, Mahasiswa Tadris IPS Melakukan Ziarah ke Makam Pahlawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel