-->

Peserta Meluber, LPM Activita Perketat Seleksi

Sabtu (20/9), Unit Kegiatan Khusus Lembaga Pers Mahasiswa (UKK-LPM) Activita mengadakan test interview dalam rangka Penerimaan Anggota Baru (PAB). Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 hingga 12.00 ini mengambil tempat di Gedung F STAIN Pamekasan. Sebelumnya, LPM Activita telah membuka pendaftaran anggota baru selama lebih dari dua minggu (2-18/9). Peserta yang mendaftar tidak kurang dari 67 orang. Namun yang hadir saat test interview sejumlah 42 orang.

Menurut Andi Mahruji, ketua panitia, test interview tersebut bertujuan untuk menyeleksi para pendaftar yang memang bersungguh-sungguh untuk menjadi anggota UKK LPM Activita.

"Dari semua pendaftar yang hadir, nantinya hanya akan diambil sebanyak 35 orang. Hal ini dilakukan agar pengkaderan nantinya berjalan efektif," ujarnya.

Sebelum mengikuti test, peserta diberikan arahan tentang konsep dan aturan dalam test interview. Selanjutnya peserta secara bergantian memasuki posko-posko yang sudah disediakan oleh panitia.

Posko pertama adalah posko bedah karya. Dalam posko ini, peserta mempresentasikan karyanya di depan panitia. Selanjutnya panitia memperhatikan teknik penulisan dan memberikan saran dan kritik terhadap kesalahan penulisan. Tak hanya itu, panitia juga menguji orisinalitas karya dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta.

Di posko kedua, panitia akan menanyakan jati diri peserta, pengalaman organisasi, dan juga pengalaman dalam dunia tulis-menulis. Posko ini bertujuan untuk lebih mengenal peserta, dan nantinya data yang diperoleh akan digunakan untuk mengukur perkembangan peserta yang lulus dalam LPM Activita.

Posko berikutnya adalah posko pementahan. Posko ini bertujuan untuk menguji mental dan keseriusan peserta dalam mengikuti UKK LPM Activita.

Posko terakhir adalah posko pemantapan. Pengurus senior memberikan arahan dan motivasi agar lebih memantapkan tekad peserta untuk berproses di UKK LPM Activita. Peserta juga diarahkan untuk mempunyai rasa kepemilikan (sense of belonging) yang kuat terhadap LPM Activita.

Setelah mengikuti PAB ini, peserta yang lolos nantinya masih harus mengikuti Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) untuk memperdalam pengetahuan dalam bidang jurnalistik. Selain itu, anggota terpilih akan terus dipantau kinerjanya selama satu semester.

Proses seleksi anggota baru tahun ini lebih ketat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah pendaftar juga lebih banyak. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa dalam dunia tulis-menulis dan jurnalistik terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ach. Zuhri selaku pimpinan umum LPM Activita berharap agar para peserta yang lulus di PAB betul-betul berproses di LPM Activita tanpa ada maksud dan tujuan lain, kecuali memperdalam kemampuan di bidang kepenulisan dan jurnalistik serta mencurahkan seluruh kemampuannya untuk kemajuan LPM Activita.

"Dengan adanya test interview ini, kami berharap kader-kader LPM Activita nantinya adalah orang-orang yang memiliki komitmen tinggi dan memang berminat dalam dunia jurnalistik serta tulis-menulis," pungkas Andi. (crew)

0 Response to "Peserta Meluber, LPM Activita Perketat Seleksi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel