-->

Beasiswa Penunjang Masa Depan Bangsa



Seperti yang kita ketahui, bahwasannya beasiswa adalah sesuatu yang diberikan berupa bantuan keuangan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Selain itu, Beasiswa memiliki tujuan agar bisa membantu para pelajar atau mahasiswa agar mereka bisa mencari ilmu sesuai dengan bidang yang ingin mereka kuasai, terutama bagi yang mempunyai masalah dalam hal pembiayaan. 

Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Hal ini menjadi hal yang sangat urgen dalam hal masa depan mereka, kerena mereka perlu adanya dana atau biaya untuk keberlanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Nah, adanya essay disini, kita akan membahas secara tuntas, memahami beasiswa secara detail, mengetahui macam macam beasiswa yang dapat diraih, serta memberi tips atau solusi kepada mereka yang ingin mendapat tunjangan pendidikan melalui beasiswa secara mudah dan praktis. 

Pendidikan merupakan suatu wahana di mana kita dapat mengetahui berbagai ilmu pengetahuan dan tata cara hidup berkualitas, sehingga kita dapat tumbuh menjadi manusia yang dapat berfikir untuk jangka panjang dan cerdas membangun bangsa. Muhibbin Syah menjelaskan bahwa pendidikan merupakan sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman dan cara tingkah laku yang sesuai kebutuhan. Oleh karena itu setiap manusia mempunyai hak untuk mendapatkan akses pendidikan  yang memungkinkannya memiliki kesadaran kritis dalam menyikapi dinamika dan fenomena yang terjadi di masyarakatnya. 

Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik. Undang-undang telah memberikan amanat kepada pemerintah, untuk memperhatikan pendidikan. Apalagi dalam urusan pembiayaan pendidikan bagi mereka yang kurang mampu. Nah istilah pemberian bantuan ini dinamakan beasiswa. 

Apa itu Beasiswa?
Menurut KBBI, beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Dari pengertian tersebut sudah jelas bahwasannya beasiswa merupakan bantuan biaya bagi seorang pelajar sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar dengan biaya yang lebih ringan. Karena hal ini bersifat bantuan, besaran beasiswa yang diberikan pada penerima berbeda-beda, dapat berupa beasiswa penuh (full scholarship), beasiswa sebagian (partial scholarship) atau bantuan fasilitas tertentu saja yang menunjang pembelajaran. 

Mengingat mayoritas rakyat Indonesia yang ekonominya dibawah rata-rata. Keadaan ini tampak sekali banyak anak yang putus sekolah, pengangguran dan sebagainya karena hanya alasan tanpa biaya. Biaya merupakan faktor penting dalam pendidikan. Oleh karenanya , Beasiswa memiliki peranan penting dalam mewujudkan masa depan mereka yang terkendala karena biaya. Seperti halnya Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura saat ini yang sedang menerima bantuan pendidikan beasiswa. 

Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi menggunakan dana beasiswa bidikmisi untuk kebutuhan akademik/kurikuler. Digunakan untuk memenuhi kebutuhan prasarana pembelajaran, kebutuhan rutin pembelajaran, dan kebutuhan kemahasiswaan/organisasi yaitu sebesar 76,24%. Penggunaan beasiswa bidikmisi untuk kebutuhan non-akademik/non-kurikuler digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan pakaian (fashion), untuk kebutuhan transportasi, untuk kebutuhan hiburan/rekreasi dan untuk kebutuhan keluarga di kampung yaitu sebesar 23,76%. 

Perlu diketahui bahwasannya penerima besiswa ini tak hanya pintar, namun ada dua hal yang harus di perhatikan ketika ingin mendapatkan beasiswa yaitu dia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan untuk terus berinovasi. Yang kedua yaitu mengetahui jenis beasiswa yang ada di Indonesia.

Adapun jenis jenis beasiswa terdiri dari 2 macam :
-Beasiswa penuh, yaitu beasiswa yang mencakup semua biaya dari masuk sampai lulus. Biaya hidup bisa juga termasuk dari biaya tercakup dalam beasiswa ini tergantung dari pemberi beasiswa.
-Beasiswa Parsial atau sebagian, yaitu beasiswa yang hanya mencakup sebagian saja. Penerima beasiswa masih perlu mengeluarkan biaya. Bantuan dana ini, hanya menutupi biaya studi saja tidak mencakup biaya akomodasi dan uang saku.

Banyak keunggulan yang akan didapatkan oleh seseorang yang diterima pada sebuah program beasiswa, apalagi program beasiswa tersebut sangat populer seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa LPDP, Beasiswa Djarum, dan lain sebagainya. Bahkan yang lebih istimewa lagi mereka dapat diterima pada program beasiswa ke luar negeri.

Sungguh sebuah prestasi yang sangat membanggakan apabila ada peserta didik yang dapat diterima pada program beasiswa-beasiswa tersebut. Karena jumlah peserta didik yang diterima pada program beasiswa tersebut 
tentunya jumlahnya tidaklah banyak, dan harus melalui beberapa tahapan test dan penyaringan sehingga muncul beberapa nama yang akhirnya mendapatkan sebuah beasiswa tersebut.

Setelah mengetahui jenisnya, dan faedah beasiswa, apakah kalian tidak tertarik untuk mendaftar beasiswa supaya mendapat kemudahan di dunia pendidikan baik secara kebutuhan akademik maupun non akademik?. Ada banyak cara dan jalan untuk menempuhya, terutama di dunia perkuliahan, syarat syaratnya sebagai berikut:
-Rajin Mencari Informasi Program Beasiswa Terbaru.
-Nilai Prestasi Akademik yang Mumpuni baik saat disekolah serta termasuk dalam 10 besar terbaik di sekolah.
-Memenuhi Persyaratan Kualifikasi Beasiswa. 
-Persiapkan Beberapa Dokumen yang Dibutuhkan.

Begitulah kira kira langkah yang dapat diambil ketika ingin mendapat tunjangan beasiswa kedepannya. Kuncinya satu, apabila ingin mendapatkannya, maka bersungguh sungguh dan jangan menyerah, semua akan di permudah jalannya oleh sang Maha Kuasa. Tergantung sampai mana usaha dan kemampuan kita dalam berjuang dan terus berdo’a.

Dari essay diatas dapat disimpulkan bahwasannya Beasiswa ini merupakan salah satu penunjang pendidikan anak  bangsa khususnya bagi kalangan mereka, peserta didik yang kurang mampu dan bersungguh sungguh dalam belajar, maka pemerintah memfasilitasi adanya beasiswa untuk mempermudah dan meringankan beban orang tua, dan tak perlu khawatir urusan biaya. Dengan begitu terwujudlah mimpi dan asa mereka, serta menjadi pemuda yang mampu mengharumkan nama bangsa. (Diah Ayu Amelia/Activita)

Daftar Rujukan
https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/scholarship/n-pengertian-beasiswa/ 

http://www.bangsaku.web.id/2016/08/syarat-mendapatkan-beasiswa-pintar-saja.html

0 Response to "Beasiswa Penunjang Masa Depan Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel