-->

Awal Semester: Prodi TBIN Kembali Gelar Seminar Kebahasaan



IAIN Madura, LPM Activita - Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura sukses menggelar acara Seminar Nasional dengan tema "Harmonisasi Bahasa Daerah dan Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi," bertempat di Auditorium IAIN Madura. Selasa (01/03/2022). 

Seminar tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) TBIN, Dekan Fakultas Tarbiyah, jajaran Dosen TBIN, serta mahasiswa TBIN angkatan 2020 dan 2021.
Seminar tersebut turut mengundang Dr. Asrif, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur sebagai narasumber. 

Acara tersebut diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan pembacaan selawat. Setelah itu, sambutan-sambutan disampaikan oleh Moh. Hafid Effendy selaku Kaprodi TBIN dan Atiqullah selaku Dekan Fakultas Tarbiyah. 

Memasuki acara inti, Asrif sebagai narasumber mengatakan, bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi antar daerah. Perlu adanya harmonisasi antara bahasa Indonesia dengan bahasa daerah. Maka dari itu, bahasa Indonesia harus diutamakan, tanpa mematikan bahasa daerah.
"Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing," ungkapnya. 

Disamping itu, Atiqullah selaku Dekan Fakultas Tarbiyah berharap, acara seminar tersebut bisa bermanfaat bagi mahasiswa TBIN. "Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat bagi kita, khususnya mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia," harapnya. 

Selanjutnya, Fasihah selaku peserta seminar berharap, seminar yang digelar tidak hanya membuahkan sertifikat. Akan tetapi juga manfaat.
"Harapan saya sebagai mahasiswi TBIN semoga mahasiswa atau mahasiswi TBIN selepas keluar dari forum seminar ini tidak hanya membawa sertifikat saja. Tetapi dapat memetik makna dan manfaat untuk kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan berbahasa kita sehari-hari," harap mahasiswi TBIN semester 4 ini. 

Seminar tersebut juga dikemas dalam bentuk tanya jawab dan kuis. Di akhir acara, terdapat pembagian hadiah bagi peserta yang telah aktif dalam seminar tersebut. (Activita)

1 Response to "Awal Semester: Prodi TBIN Kembali Gelar Seminar Kebahasaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel