-->

Titik Sadar Mahasiswa


Oleh: Uswatun Hasanah
Mahasiswa merupakan agent of change atau agen perubahan. Penggerak perkembangan juga kemajuan bangsa dan agama. Maka untuk mewujudkan haruslah dimulai dari hal-hal kecil. Sebab seringkali perubahan besar selalu dimulai dari hal yang kecil. Titik sadar mahasiswa tentang pentingnya menjadi warga negara dan umat beragama yang baik menjadi sorotan penting.
Sejatinya, adanya sumpah mahasiswa yang sering diikrarkan oleh mahasiswa dari berbagai kampus bisa dijadikan sumbu untuk berkobarnya semangat mahasiswa itu sendiri. Mari sejenak sama-sama berikrar dengan sumpah mahasiswa. 

Kami mahasiswa Indonesia bersumpah
Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan
Kami mahasiswa Indonesia bersumpah
Berbangsa satu, bangsa yang gandrung akan keadilan
Kami mahasiswa Indonesia bersumpah
Berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan
Sumpah mahasiswa di atas adalah dasar tindakan mahasiswa. Sumpah yang akan memberi kesadaran tentang pentingnya peran mahasiswa terhadap bangsa dan agama. Banyak sekali kebijakan pemerintah yang diputuskan juga berdasarkan aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa.
            Berbicara peran mahasiswa bagi bangsa dan agama, maka perlu juga melihat tindakan nyata yang dilakukan mahasiswa berdasarkan sumpah itu sendiri. Seperti mematuhi peraturan-peraturan yang ada. Pepatah mengatakan ‘Dimana kita berpijak di situlah langit di junjung’. Pepatah tersebut menjelaskan bahwa dimana pun kita berada maka wajib untuk mengikuti semua peraturan yang ada.
*Anggota UKK LPM angkatan 2016

0 Response to "Titik Sadar Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel