-->

Rangkaian Kegiatan Semarak Muda Berkarya 2015

STAIN Pamekasan-Pada tanggal 20-21 Mei 2015, Unit Kegiatan Khusus Lembaga Pers Mahasiswa (UKK-LPM) mengadakan "Semarak Muda Berkarya (SMB)". SMB dikemas dengan beberapa kegiatan, diantaranya: Seminar Kepenulisan, Lomba Mading 3D tingkat SMA se-Pamekasan, Nonton Bareng dan Diskusi Film, Bedah Novel, Lomba Menulis Surat Untuk Bupati tingkat mahasiswa se-Pamekasan, serta temu alumni LPM Activita.

SMB merupakan suatu rangkaian kegiatan yang meliputi 6 acara. Beberapa diantaranya merupakan acara perdana yang diadakan oleh LPM Activita. SMB yang berlangsung selama dua hari banyak menerima perhatian dari kalangan mahasiswa.

Pada hari pertama, Rabu (20/5) pukul 8.00, SMB diawali oleh pembukaan dan dilanjutkan dengan seminar kepenulisan yang dihadiri sekitar 100 peserta. Peserta seminar berasal dari kalangan mahasiswa dan siswa se-Pamekasan. Seminar kepenulisan mengundang penulis asal Jogyakarta sebagai pemateri. Sebagai seorang penulis, pemateri membagikan pengalaman dan tips kepenulisan. Hal itu disambut oleh banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta seminar.

SMB dilanjutkan dengan lomba Mading Recycle 3D tingkat siswa SMA sederajat se-Pamekasan pada pukul 13.00. Acara ini mengundang perhatian sebagian mahasiswa STAIN Pamekasan untuk ikut menyaksikan sengitnya  persaingan masing-masing sekolah. Dengan limit waktu 2 jam, para perwakilan sekolah mampu menyelesaikan dengan maksimal. Untuk penilaian, LPM Activita mengundang mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Jogyakarta yang bertempat tinggal di Pamekasan untuk menjadi juri.

Malam harinya, pukul 19.00, LPM Activita kembali menyuguhkan acara perdana yang belum pernah diadakan di STAIN Pamekasan, yakni nonton bareng dan diskusi film dokumenter. Film yang menjadi bahan diskusi berjudul "Linimassa 1", film pertama dari trilogi film linimassa. Film ini berkisah mengenai penggunaan internet, khususnya social media, untuk tujuan yang positif. Acara ini dibuka untuk umum dan mengundang Mashur Abadi sebagai fasilitator diskusi film. Diskusi film brlangsung santai dan dikuti oleh peserta yang berkisar 50 orang.

Keesokan harinya, Kamis (21/5) SMB dilanjutkan dengan presentasi 5 nominator lomba "Menulis Surat Untuk Bupati" tingkat mahasiswa se-Pamekasan pada pukul 8.00. Lomba ini diikuti oleh 11 mahasiswa, baik mahasiswa STAIN Pamekasan, Universitas Madura dan STAI Al-Khoirot. Dari semua peserta lomba, dipilihlah 5 nominator. Setiap nominator diberikan kesempatan untuk presentasi karya di hadapan dewan juri.

Selanjutnya, pukul 11.00, acara dilanjutkan dengan Bedah Novel "Di Bawah Kaki ar-Rahman", yang merupakan novel karya pemuda Pamekasan. Pembedah adalah penulis sendiri, sedangkan yang menjadi pembanding adalah M. Faizi, seorang penulis dan sastrawan Sumenep. Selain mengupas dan membedah isi novel, M. Faizi juga berbagi tips kepenulisan dan sharing pengalaman dalam dunia tulis-menulis.

Untuk memupuk tali silaturrahim antara anggota, pengurus dan alumni, LPM Activita juga mengadakan kegiatan Temu Alumni UKK LPM Activita. Temu alumni dihadiri oleh beberapa alumni dan dimulai pukul 13.30. Ada alumni yang meneruskan karir di dunia pers, alumni yang menjadi guru dan yang menggeluti profesi lain. Pertemuan diawali dengan ta'aruf antara anggota LPM dan alumni. Kemudian alumni berbagi pengalaman saat masih aktif di LPM Activita. Anggota dan pengurus juga bercerita tentang keadaan LPM saat ini dan meminta pandangan alumni. Temu alumni ini merupakan pertemuan yang kedua selama periode 2014-2015. Meskipun brlangsung santai dan semi formal, semua yang hadir mengikuti dengan khidmat.

Pukul 15.00, acara terakhir sekaligus acara puncak dalam Semarak Muda Berkarya adalah pemberian hadiah kepada para pemenang lomba sekaligus penutupan Semarak Muda Berkarya. Juara 1 dan 2 untuk lomba Mading Recycle 3D diraih oleh 2 tim dari MA Al-Khoirot Putri. Juara 3 dan juara harapan diraih oleh 2 tim dari MA Ummul Quro Putri. Dalam lomba Menulis Surat Untuk Bupati, juara 1 diraih oleh Nurus Sholehen, mahasiswa UNIRA. Juara 2 diraih oleh Abdul Rasyid dari STAIN Pamekasan. Kemudian juara 3 diraih oleh Rusdiyah yang juga merupakan mahasiswa STAIN Pamekasan.

Semarak Muda Berkarya merupakan serangkaian acara yang baru pertama kali diadakan oleh LPM Activita. Acara ini akan diteruskan di tahun berikutnya dan menjadi acara tahunan. Meskipun dengan persiapan yang kurang maksimal serta minimnya dana, Semarak Muda Berkarya bisa terlaksana dengan baik.
(SNJ)

0 Response to "Rangkaian Kegiatan Semarak Muda Berkarya 2015"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel