-->

Pelatihan Keorganisasian dan Kepemimpinan Dasar

Pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik Pelatihan Kepemimpinan dan Keorganisasian Dasar.

STAIN Pamekasan - Dalam rangka memantapkan kepengurusan dan sebagai tindak lanjut atas dilantiknya pengurus yang baru, maka pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah menggelar Pelatihan Kepemimpinan dan Keorganisasian Dasar (PK2D) yang dikemas sebagai Training of Leadership dengan tema "Aktualisasi Jati diri Kepemimpinan Mahasiswa". Training ini dilaksanakan selama dua hari (6-7/9) di Gedung Multicenter lantai 2.

Acara perdana yang dilakukan HMJ Tarbiyah ini bertujuan untuk menciptakan kader pemimpin organisasi yang kreatif, inovatif dan dinamis. Selain itu, Training of Leadership ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan serta pengalaman mahasiswa tentang keorganisasian dan kepemimpinan lingkup mahasiswa, menambah pengetahuan serta seluk beluk dunia psikologi dan tipologi pemimpin, serta memberikan wawasan mengenai manajemen kepemimpinan dan keorganisasian sehingga memudahkan pengurus dalam menyelenggarakan tanggung jawab organisasi.

Training ini diikuti oleh seluruh pengurus HMJ Tarbiyah periode 2014-2015, koordinator prodi sebagai delegasi dari tiga prodi yakni PBI, PAI, PBA, undangan khusus, serta mahasiswa baru angkatan 2014.

Dalam sambutannya saat opening ceremony, Sabtu (6/9), ketua Jurusan Tarbiyah Muhammad Muhlis Solichin sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini. "Acara ini sangat penting dilaksanakan, dan saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya, dikarenakan kita perlu membekali diri dalam melaksanakan dan mengemban amanat saat terlantiknya seluruh pengurus HMJ Tarbiyah bulan lalu," ujarnya.

Ongki Arista, ketua HMJ Tarbiyah mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang paling penting sebagai proses awal menuju pelaksanaan program-program kerja yang akan dilaksanakan ke depan untuk mahasiswa STAIN Pamekasan, khususnya mahasiswa Jurusan Tarbiyah.

"Kita tidak boleh telat memberikan koreksi sesuatu yang jelas butuh dikoreksi. Adanya pelatihan ini merupakan bagian dari koreksi di awal dan pembekalan bagi seluruh pengurus HMJ Tarbiyah sebagai pengemban amanah yang cukup besar bagi mahasiswa jurusan tarbiyah, sehingga dengan terselenggaranya acara ini dapat bermanfaat bagi seluruh pengurus," katanya lugas.

Setelah bedah tema yang dilakukan oleh Ketua HMJ Tarbiyah, Abd. Wafi sebagai pemateri memaparkan tentang "Prinsip dan Karakter Pemimpin dua kategori; Scientific Leaders & Scientific Visions". Selanjutnya, setelah istirahat selama satu jam, peserta menyaksikan pemutaran film "Lucunya Negeri Ini" yang dilanjutkan dengan penyampaian kesan terhadap film tersebut. Pemutaran film ini bertujuan sebagai refleksi dan koreksi terhadap keberadaan pendidikan di Indonesia.

Pada hari kedua, Minggu (7/9) merupakan penerapan dan praktik lapangan tentang bagaimana menjalankan acara dan mengemas sebuah acara, baik berupa seminar, kajian, dialog interaktif dan lomba. Disini seluruh pengurus belajar bersama-sama dalam beberapa kelompok untuk merancang sebuah acara mulai dari surat-menyurat, seperti surat permohonan, undangan, proposal, desain sertifikat dan yang tidak kalah penting mereka semua memahami kedudukan HMJ Tarbiyah dan garis koordinasi antara HMJ Tarbiyah dengan jajaran pembina dan pimpinan STAIN Pamekasan.
Acara yang telah dirancang dalam praktik oleh tiap kelompok kemudian dipresentasikan di depan forum. Setiap kelompok mempresentasikan acara serta teknis pelaksanaan acara yang akan diselenggarakan.

Sebelum acara berakhir, peserta dan kelompok terbaik diumumkan, kemudian dilakukan penobatan secara simbolik dengan pemberian trofi dan sertifikat.

Melalui acara ini, Ongki berharap agar para pengurus, khususnya pengurus baru bisa mengasah kemampuannya dalam hal kepemimpinan dan organisasi sebagai bekal dan modal kinerja agar dapat melaksanakan agenda dan program kerja HMJ Tarbiyah.
(SNJ)

0 Response to "Pelatihan Keorganisasian dan Kepemimpinan Dasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel